UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MA MASYARIQUL ANWAR KEC. TANJUNG KARANG PUSAT BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | Ramadhan, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/1846/1/Tesis.pdf http://repository.radenintan.ac.id/1846/ |
Daftar Isi:
- Guru berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar memiliki motivasi belajar yang tinggi. Motivasi belajar yang tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar sehingga mampu menghasilkan prestasi belajar yang maksimal. Selanjutnya rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru fiqh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqh kelas XI di MA Masyariqul Anwar Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fiqh dalam meningkatkan motivasi belajar dan meneliti motivasi belajar peserta didik mata pelajaran fiqh. Sedangkan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan (observasi), wawancara mendalam, angket ( kuisioner ) dan dokumentasi . Analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi yaitu, reduksi data, display data dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih dilakukan dalam bentuk memberikan pujian, hadiah , ulangan dan hukuman yang mendidik kepada peserta didik. Upaya tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik . Penelitian ini dilakukan di MA Masyariqul Anwar Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung dengan menggunakan populasi peserta didik kelas XI sebanyak 25 orang.