PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Main Author: SEPRI, OKTA WIJAYA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/18413/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18413/2/skripsi%20sepri.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18413/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dalam pendidikan Islam banyak nilai-nilai penting untuk dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai pendidikan Islam meliputi akhlak, sosial, budaya, moral, dan lain-lain. Nilai-nilai pendidikan Islam meliputi akhlak, sosial, budaya, moral, itu mampu menjadikan peserta didik memiliki karakter kuat dan patriotisme tinggi. Selain itu nilai-nilai tadi harus tanggap terhadap masalah kemanusiaan. Namun yang diharapkan bertolak belakang dengan fakta yang ada. Salah satu penyebabnya adalah hilangnya adab. Dalam istilah al-Attas disebut dengan the lost adab. Al-Attas sebagai salah satu intelektual muslim terkenal, berusaha menawarkan pemikirannya mengenai konsep ta‟dib, yang diharapkan membawa dampak positif dalam dunia pendidikan Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa konsep pendidikan Islam dalam perspektif Syed Muhammad Naquib Al�Attas?. Bagaimana relevansi pendidikan Islam dalam perspektif al�Attas dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami konsep pendidikan Islam dalam perspektif al-Attas. Selain itu, penelitian ini untuk mengetahui dan memahami relevansi pendidikan Islam dalam perspektif al-Attas dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian literer dan menggunakan metode analisis isi (content analyisis). Hasil dari penelitian ini adalah makna pendidikan Islam lebih tepat menggunakan istilah ta‟dib. Adapun relevansi antara pendidikan Islam dalam perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas dengan pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan di Indonesia yang terdapat dalam UU no 20 tahun 2003. Muatan kurikulum dibagi menjadi fardhu ain dan fardhu kifayah. Kata Kunci : Pendidikan Islam perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Pendidikan Islam di Indonesia