PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) BERBASIS EDUTAIMENT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASIBELAJAR PESERTA DIDIK

Main Author: SUPARTI, NGATIJO
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/18385/1/CVR%20BAB%201%20BAB%202%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18385/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/18385/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) berbasis Edutaiment Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Peseta Didik”. Penelitian ini bermula karena rendahnya kemampuan koneksi matematis, model pembelajaran yang digunakan belum efektif dan motivasi belajar peserta didik masih rendah. Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) adakah pengaruh model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) berbasis Edutaiment terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik, (2) adakah pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap kemampuan koneksi matematis, (3) adakah interaksi antara model pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) berbasis Edutaiment dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Al-Huda Jati Agung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 4 kelas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5% memperoleh (1) sehingga ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER dengan Edutaiment terhadap kemampuan koneksi matematis; (2) sehingga ditolak artinya terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis; dan (3) sehingga diterima artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran MASTER dengan metode Edutaiment dan motivasi belajar terhadap kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) berbasis Edutaiment, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Motivasi Belajar