PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Main Author: | YANISSA, SA’I ROZIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/18341/1/COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%202%20DAPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/18341/2/FULL%20SKRIPSI%20YANISSA%20SA%27I%20ROZIA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/18341/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan Oleh: Yanissa Sa’i Rozia Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif masih menjadi permasalan di SMA Negeri 2 Kotabumi sehingga perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create And Share terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Kotabumi. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34, teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu tes dengan menggunakan soal uraian. Hasil uji hipotesis Multivariate Test memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,0s. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen yaitu 87% (sangat baik) sedangkan kelas kontrol yaitu 76% (baik). Hasil kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen yaitu 78% (baik) sedangkan kelas kontrol 70% (cukup). Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: Search, Solve, Create, And Share (SSCS), Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Berpikir Kreatif.