Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Main Author: Abida, Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/1798/1/skripsi_lengkap_rahma_abida.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/1798/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan Oleh Rahma Abida Hasil analisis kebutuhan pada berpikir kreatif dan retensi peserta didik yang diketahui melalui nilai peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru sehingga peserta didik cepat merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis teknologi tepat guna terhadap keterampilan berpikir kreatif dan retensi peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Inti dari model Project Based Learning merupakan merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen design dengan desain posttest-only control design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dari teknik tersebut didapat kelas X Mia 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model project based learning da kelas X Mia 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Direct Intruction yang digunakan oleh guru. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji analisis variansi dua jalan sel sama, yang memperoleh hasil HoA ═ 4,007(ditolak), HoB ═ 3,156 (ditolak) dan HoAB ═ 2,769 (diterima). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) terdapat pengaruh model project based learning berbasis teknologi tepat guna terhadap keterampilan berpikir kreatif kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. (2) terdapat pengaruh model project based learning berbasis teknologi tepat guna terhadap retensi tinggi, sedang dan rendah X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan retensi terhadap keterampilan berpikir kreatif X SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Teknologi Tepat Guna, Keterampilan Berpikir Kreatif, Retensi.