STRATEGI PENDIDIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: PUSPITA, BAITY
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/17594/1/SKRIPSI%20BAB%201%262.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17594/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17594/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan pendidik untuk menghadapi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya temuan data hasil penelitian dianalisis melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melakukan pengumpulan data, mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan belajar yaitu adanya faktor internal meliputi: minat peserta didik, motivasi, serta kurangnya disiplin diri dalam belajar. Selain faktor internal terdapat juga faktor eksternal seperti: sarana dan prasarana, lingkungan, serta kurikulum. Lalu strategi pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada masa pandemic covid-19 di MIN 2 Bandar Lampung adalah dengan memberikan motivasi dan melakukan pendekatan kepada peserta didik ataupun wali murid, menggunakan media pembelajaran, membuat ringkasan materi dan memberikan latihan. Kata Kunci: Kesulitan belajar, Matematika, Strategi