PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK TINGKAT SMA

Main Author: MERIA, SARI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/17503/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17503/2/SKRIPSI%20MERIA%20SARI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17503/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting dimiliki peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan proses berpikirnya dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran ceramah. Jenis penelitian ini adalah Quasy Ekperimental design dengan rancangan penelitian .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis. Tekni analisis data yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji One Way Manova. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan metakognitif antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran ceramah, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran ceramah, serta terdapat perbedaan kemampuan metakognitif dan berpikir kreatif matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran cermah pada materi matriks. Peneliti mengharapakan bahwa pada penelitian selanjutnya yang menggunakan model pembelajaran SIMAS ERIC, hendaknya menggabungkan model pembelajaran SIMAS ERIC dengan pendekatan pembelajaran untuk mengukur kemampuan peserta didik lainnya agar proses pembelajaran dapat lebih efektif. Kata Kunci: SIMAS ERIC, Metakognitif, Berpikir Kreatif Matematis.