IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK ASPEK AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI di SMK NEGERI 2 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

Main Author: FENITRIA, HARLIA RUSMITA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/17228/1/SKRIPSI%20FENITRIA%20HARLIA%20RUSMITA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17228/2/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17228/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya proses penilaian untuk mengetahui kemampuan dan perkembangan belajar peserta didik. Dengan diterapkannya penilaian autentik atau kurikulum 2013 proses penilaian yang sifatnya menyeluruh yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik aspek afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi (penarikan kesimpulan) dan uji keabsahan data nya menggunakan triangulasi. Objek penelitian ini adalah guru SMKNegeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik aspek afektif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah adalah sebagai berikut:1) Dalam implementasi penilaian autentik aspek afektif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 2 terbanggi Besar Lampung Tengah sudah diterakan namun belum maksimal karena tidak semua penilaian diterapkan oleh guru. Dan dengan adanya wabah covid-19 ini penilaian autentik bukan tidak bisa berjalan sama sekali tetapi tetap bisa berjalan walaupun hanya dilakukan secara online tetapi guru akan melakukan pelaksanaan penilaian autentik sebisa dan semaksimal mungkin. 2) Hambatan yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian autentik aspek afektif pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah yang sering terjadi dalam implementasi penilaian autentik aspek afektif secara garis besar berorientasi pada jumlah siswa yang terlalu banyak dan proses penilaian yang begitu rumit untuk dilakukan guru, namun semua hambatan yang terjadi dalam implementasi penialian autentik di SMK Negeri 2 Terbanggi Besar Lampung Tengah agar dapat diatasi dengan cara saling kerja sama dan saling membantu antara guru yang ada agar hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi Kata Kunci : Penilaian Autentik, Aspek Afektif, Pendidikan Agama Islam