PENGARUH STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH)TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

Main Author: SINTIA, SARI PARILIAN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/17122/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17122/2/SKRIPSI%20SINTIA%20SARI%20PARILIAN.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17122/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Fakta di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik mempunyai tingkat berpikir kritis dan penguasaan konsep yang belum maksimalhal ini dibuktikan dari hasil penyebaran soal pra penelitian yang telah dilakukan yaitu tingkat kemampuan berpikir dan penguasaan konsep masih dalam kategori rendah.Oleh karena itu pendidik perlu menerapkan sebuah strategi yang dapat mengatasi hambatan tersebut, salah satunya yaitu strategi Question Student Have (QSH). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi QSH terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik. Metode penelitian quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas XI IPA dengan sampel penelitian yaitu XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen berupa soal esai kemampuan berpikir kritis dan soal multiple choice penguasaan konsep. Nilai pretes dan postes yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis N-gain, uji normalitas serta Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) N-gain kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,57>0,47; 2) N-gain penguasaan konsep berpikir kritis di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,61>0,50. Independent sample t-test menunjukkan bahwa p�value<0,05.Artinya ada pengaruh strategi Question Student Have terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep peserta didik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Penguasaan Konsep, Question Student Have