IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: IRA, NOVITASARI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/17051/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17051/2/SKRIPSI%20IRA%20NOVITASARI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/17051/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Manajemen sumber daya manusia adalah keseluruhan peroses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan seleksi, pelatihan, penempatan, pemberian kompensasi pengembangan dan pelepasan untuk tercapainya berbagai tujuan individu, masyarakat dan organisasi yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian dari beberapa indicator sember daya manusia, diantaranya bagaimanakah proses rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan, bagaimanakah program pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, dan apa sajakah bentuk kompensasi yang diberikan kepada tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis Deskriptif Kualitatif yang mengambarkan keadaan sumber daya manusia di MTs Negeri 2 Bandar Lampung dari hasil pengumpulan data melalui wawancara dan didikung dengan data dokumentasi, serta observasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Negeri 2 Bandar Lampung dalam melakukan perekrutan tenaga pendidik dan kependidikan sudah dikatakan cukup baik, yakni dalam perekrutan melakukan seleksi dan mimilih calon yang terbaik berdasarkan persyaratan yang ada, dan perekrutan didasarkan dari kebutuhan siswa, jam pelajaran, dan kegiatan yang ada di MTs itu sendiri, setelah sebelumnya melakan pengusulan atau pengajuan kepada kemenang atau kementrian agama. Selanjutnya dalam hal melakukan pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan sudah diterapkan yakni dengan diadakannya diklat, pelatihan yang berkaita dengan pembinaan tenaga pendidik dan kependidikan untuk meningkatkan kemampuan professional, pembinaan untuk memenuhi tuntutan jabatan, dan pembinaan untuk jenjang karir. Dan dalam pemberian kompensasi finansial yaitu berupa gajih pokok, sedangkan kompensasi non-finansial berupa asuransi kesehatan atau askes dan juga cuti untuk pegawai atau pengajar yang melahirkan,sakit, menikah ada sedang mengurus keperluan pribadi namun harus melampirkan surat izin atau surat keterangan dari dokter. Kata Kunci :Imepementasi Manajemen, Sumber Daya Manusia iv ABSTRACT Human resource management is the entire process of planning, organizing, directing, and supervising the activities of procurement, selection, training, placement, compensation, development and release for the achievement of various individual, community and organizational goals. This study aims to find out how the application of several indicators of human resources, including how the process of recruiting educators and education staff, how is the development program for educators and education, and what are the forms of compensation given to educators and education staff at MTs Negeri 2 Bandar Lampung. This study uses a qualitative descriptive type that describes the state of human resources at MTs Negeri 2 Bandar Lampung from the results of data collection through interviews and supported by documentation data, as well as observation. The validity of the data was tested by triangulation of sources. Data analysis in this study used data reduction, data presentation, and data retrieval. The results showed that MTs Negeri 2 Bandar Lampung in recruiting educators and education staff was said to be quite good, namely in recruitment, selecting and selecting the best candidates based on existing requirements, and recruitment based on student needs, class hours, and existing activities. in MTs itself, having previously made proposals or submissions to the victory or the ministry of religion. Furthermore, in terms of developing educators and education staff, it has been implemented, namely by holding training, training related to coaching educators and educational staff to improve professional abilities, coaching to meet the demands of positions, and coaching for career paths. And in the provision of financial compensation, namely in the form of basic salary, while non-financial compensation in the form of health insurance or health insurance and also leave for employees or teachers who give birth, are sick, get married while taking care of personal needs but must attach a permit or certificate from a doctor. Keywords: Management Implementation, Human Resources