MODUL PEMBELAJARAN TELAAH KURIKULUM BIOLOGI

Main Author: NOVI LIA, SURI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16807/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16807/2/SKRIPSI_NOVI%20LIA%20SURI_1511060119.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16807/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Modul Pembelajaran Telaah Kurikulum Biologi Oleh Novi Lia Suri Kurikulum peinididikani niasionial sudah meinigalami peirubahan dari tahun ke tahun. Peirubahani kurikulum itu teinitu diseirtai deinigani tujuani peinididikani yanig beirbeida-beida, seibab dalam seitiap peirubahani itu ada suatu tujuani teirteinitu yanig inigini dicapai unituk meimajukani peinididikani niasionial kita. Dalam telaah kurikulum biologi adapun materi yang disajikan untuk mengkaji hal-hal yang melandasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Adapun cakupan materi ini meliputi hakikat kurikulum, landasan kurikulum, perkembangan kurikulum dan menelaah kurikulum dari tingkat satuan pendidikan SD, SMP,dan SMA. Mata kuliah telaah kurikulum biologi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kemampuan menganalisis, dan mengaplikasikan ilmu kepada calon guru mengenai perkembangan kurikulum dan perangkat ajar agar calon guru dalam membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran dengan baik sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh banyak ahli, dapat disimpulkan bahwa pengertian Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. fungsi kurikulum bagi guru atau pendidik adalah sebagai pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisir pengalaman belajar pada anak didik. Sebagai pedoman untuk mengadakan evaluasi terhadap perkembangan anak didik dalam rangka menyerap sejumlah pengalaman yang diberikan. Kata kunci : Rencana pembelajaran semester (rps), Modul pembelajaran, Telaah kurikulum biologi