PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION) BERBANTU MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY
Main Author: | AYU, RINDI ANTIKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/16803/1/SKRIPSI%201-2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16803/2/SKRIPSI%20AYU%20RINDI%20ANTIKA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16803/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan siswa dalam menyatakan ulang suatu konsep dengan caranya sendiri. Berdasarkan hasil tes pra penelitian di SMP N 3 Bandar Lampung terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Maka peneliti menerapkan model pembelajaran ARCS (attention, relevance, confidence, satisfaction) berbantu media animasi powtoon terhadap pemahamn konsep matematis ditinjau dari tipe kepribadian keirsey. Tujuan dari penelitian ini adalah untung mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran ARCS berbantu media animasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematis siswa, 2) pengaruh tipe kepribadian keirsey terhadap pemahaman konsep matematis siswa, 3) interaksi antara model pembelajaran ARCS berbantu media animasi powtoon dengan tipe kepribadian keirsey terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control. Populasi dalam penelitian ini adalah selurus siswa kelas VIII SMP N 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen angket dan instrumen soal post test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematis antara model pembelajaran ARCS berbantuan media animasi powtoon dan pembelajaran konvensional. 2) tidak ada pengaruh antara siswa yang memiliki tipe kepribadian (Guardian, Artisan, Rational, Idealis) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ARCS berbantuan media animasi powtoon dengan tipe kepribadian keirsey terhadap pemahaman konsep matematis siswa. iv Kata kunci : Powtoon, Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran ARCS, Tipe Kepribadian