FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN EVA DWIANA-DEDY AMARULLAH DALAM PEMILIHAN WALI KOTA BANDARLAMPUNG TAHUN 2020
Main Author: | JENITA, PERMATA SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/16762/1/BAB%201%205%20DAPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16762/2/SKRIPSI%20JENITA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16762/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN EVA DWIANA-DEDY AMARULLAH DALAM PEMILIHAN WALI KOTA BANDARLAMPUNG TAHUN 2020 Oleh JENITA PERMATA SARI Faktor kemenangan dalam pemilihan wali kota Bandarlampung tahun 2020 yang memenangkan pasangan calon nomor urut 3 yaitu Eva Dwiana-Deddy Amarullah dengan perolehan jumlah suara terbanyak dari 2 (dua) pasangan calon lainnya dari masing-masing TPS yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di kota Bandarlampung khususnya Kecamatan Panjang yaitu 21183 suara, dengan jumlah perolehan suara yang didapat oleh pasangan calon tersebut mendapatkan total suara 249.134 suara atau 53.7% dari seluruh kecamatan di 126 Kelurahan. Melihat kondisi tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian yang berkaitan dengan kemenangan pasangan calon dan faktor yang membuat masyarakat Kecamatan Panjang memilih nomor urut 3. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat Kecamatan Panjang menjatuhkan pilihannya kepada pasangan calon pada pemilihan wali kota Bandarlampung Tahun 2020. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian yang digunakan “field reseacrh” dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dengan menggunakan Triangulasi data yaitu membandingkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh informan. Pada informan dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat, dapun subjek penelitian yang dijadikan sampel yang diambil dari populasi ini menggunakan teknik “snawball sampling”. Dari tokoh masyarakat yang peneliti temui dilokasi penelitian semua memilih pasangan calon, faktor yang mempengeruhi masyarakat Kecamatan Panjang menjatuhkan pilihannya kepada pasangan calon, dilihat dari strategi pemasaran politik (branding image) kandidat\partai politik dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih dalam memilih. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang menentukan masyarakat Kecamatan Panjang dalam memilih iv pasangan tersebut dilihat dari faktor tipologi pemilih yang meliputi ikatan keluarga, ikatan suku, asal-usul pasangan calon, latar belakang kandidat calon, kepercayaan terhadap pasangan calon, harapan yang relatif sama, popularitas pasangan calon, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi ideologi pemilih, dan dilihat dari kondisi awal pemilih, media massa dan partai politik\kontestan. Kata Kunci : Faktor Kemenangan, Pemilihan Wali Kota, Marketing Politik