PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT FILOSOFI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM
Main Author: | NILA, DWI SUKARNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/16681/1/SKRIPSI%20BAB%201%262.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16681/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16681/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Filosofi pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan anak usia dini dan relevansinnya dengan pendidikan Islam muncul karena kurangnnya kajian yang membahas tentang konsep pendidikan anak usia dini yang khas indonesia dan yang lahir dari budaya Negara kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui filosofi ki hadjar dewantara tentang pendidikan anak usia dini dan mengetahui relevansinya filosofi ki hadjar dewantara tentang pendidikan anak usia dini dengan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan( library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu untuk menguraikan pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan anak usia dini dan menelaah pendidikan anak usia dini dengan konsep pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menujukan bahwa, filosofi pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan anak usia dini adalah pendidikan merupakan tuntunan kodrat alam, kemerdekaan, yang kebudayaan,kebangsaan, dan kemanusiaan. Metode pendidikan meliputi metode among Lingkungan pendidikan mencakup lingkungan keluarga,sekolah,dan masyarakat. Pandangan ki hadjar dewantara tentang pendidikan anak usia dini memiliki relevansi dengan pendidikan islam. Kata kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan Islam iiDewantara's view on early childhood education is education which is the natural guidance of nature, independence, culture, nationality, and humanity. Educational methods include among methods. The educational environment includes the family, school, and community environment. Ki Hadjar Dewantara's view on early childhood education has relevance to Islamic education. Keywords: Early Childhood Education, Ki Hadjar Dewantara Education, Islamic Education