PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXT BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

Main Author: ALVIALITA, FEBYOLA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16659/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16659/2/SKRIPSI%20FEBY.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16659/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXT BASED LEARNING (CBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK Oleh Alvialita Febyola Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Pembelajaran Context Based Learning (CBL) terhadap Kemampuan Berpiikir Kreatif dan Self-Eficacy Peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen (quasy experimental research) Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bandar Lampung, subjek dalam penelitian ini berjmlah 55 orang dengan sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dan angjet self-efficacy peserta didik, serta lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Context Based Learning. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t (t-test). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh model Context Based Learning pada variable kemampuan berpikir kreatif adalah thitung > ttabel sebesar 3,538 > 2,006 dan pengaruh model Context Based Learning pada variable self-eficacy adalah thitung > ttabel sebesar 2,593 > 2,006 dengan taraf signifikan 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Context Based Learning (CBL) terhadap Kemampuan Berpiikir Kreatif dan Self-Eficacy Peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Cotext Based Learning (CBL), Kemampuan Berpikir Kreatif, Self-Efficacy