PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KONSEP GAMIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Main Author: NURBAITI, Mujianto
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16609/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16609/2/SKRIPSI%20NURBAITI%20%281611050339%29.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16609/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh setiap peserta didik guna menunjang peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII di Mts Al-Ishlah Sukadamai masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari hasil ujian tengah semester genap tahun ajaran 2018/2019 dimana peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (nilai ) sebanyak 37 dari 104 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan konsep gamifikasi terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A, VII B, VII C dan kelas VII D MTs Al-Ishlah Sukadamai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling (teknik acak kelas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara dan tes. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Normalitas dan uji Homogenitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Hipotesis Analisis Varians Satu Jalur (One Wey Anova) dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan menggunakan uji Anova Satu Jalur, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), pembelajaran berbantuan konsep gamifikasi, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan konsep gamifikasi, dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta matematis didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe untuk melihat model iiipembelajaran manakah yang memberikan pengaruh yang berarti terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa dari keempat perlakuan tersebut, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan konsep gamifikasi yang memberikan pengaruh lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Konsep Gamifikasi, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis