PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK VEE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 MENGGALA

Main Author: Amelia, WN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16599/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16599/2/SKRIPSI_AMELIA%20WN_1711010010.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16599/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan atau rangkaian kegiatan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa guru belum mengembangkan strategi pembelajaran yang mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kurang nya kerja sama antara siswa dengan siswa lain nya, kurang nya berkonsentrasi hal ini dapat menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan Strategi Pembelajaran Heuristik Vee untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan kreatifitas nya baik itu kemampuan individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Heuristik Vee terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan jenis posttest only control design. Dengan design ini penelitian ini, menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel, dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2, sebanyak 71 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan instrument tes dan dokumentasi. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan uji-t, didapatkan nilai Sig. 000 maka jika nilai Sig. < 0,05 (5%) pada Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Heuristik Vee terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Menggala. Kata Kunci; Strategi Heuristik Vee, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam