IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEBUN TEBU LAMPUNG BARAT

Main Author: FEBRIYANSAH, PUTRA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16596/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16596/2/SKRIPSI%20FEBRIYANSAH%20PUTRA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16596/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Terjadinya kemerosotan moral di kalangan peserta didik merupakan salah satu faktor penyebab gagalnya sistem pendidikan. Dalam hal ini sekolah khususnya pembelajaran pendidikan agama islam memiliki peran besar dalam penyadaran nilai-nilai agama islam pada peserta didik. Upaya menerapkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di dalam kelas saja tidak cukup. Oleh karena itu, perlu adanya keteladanan yang ditunjukkan oleh para tenaga pendidik diluar kelas ataupun di luar lingkungan sekolah. SMA Negeri 1 Kebun TebuLampung Barat merupakan salah satu sekolah yang menerapkan nilai-nilai karakter yang ada pada kurikulum-13 sebagai upaya untuk mencegah semakin meluasnya permasalahan moral bangsa yang semakin lama semakin merosot. Upaya yang dilakukan SMA Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat adalah memberikan teladan khususnya kepada peserta didik, membiasakan aktivitas keagamaan yang wajib diikuti oleh seluruh warga sekolah khususnya peserta didik pada setiap dilaksanakannya pembelajaran. Implementasi nilai-nilai karakter pada pembelajaran PAI akan terlaksana dengan baik apabila semua komponen ikut terlibat sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis nilainilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan dan menyajikan data. Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai-nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional yang diwujudkan melalui pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat. Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan melalui tahap pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting) dan pembiasaan (habit). Keteladanan guru dan penciptaan suasana yang kondusif turut mendukung proses implementasi nilai-nilai karakter di SMA Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat. Kata kunci: Implementasi,nilai-nilai karakter, pembelajaran PAI