PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD/MI
Main Author: | Ahmad, Yusron Al Hadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/16586/1/COVER%2C%20BAB%201%2C%20BAB%202%2C%20DAPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16586/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16586/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemui yaitu media audiovisual yang digunakan kurang menarik, karena hanya berisikan berupa slide share saja, sementara pembelajaran yang dilaksanakan secara daring ini membutuhkan media media audiovisual yang memiliki inovasi yang lebih menarik seperti media yang terdapat animasi didalamnya contohnya sparkol videoscribe. Tujuan dari penelitian ini adalah; Untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan serta kelayakan media pembelajaran sparkol videoscribe pada pembelajaran IPA kelas V SD/MI dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap sparkol videoscribe kelas V MIS Raden Intan Gadingrejo dan SDN 2 Wonodadi Pringsewu Penelitian ini merupakan Metode Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), and Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIS Raden Intan Gadingrejo dan SDN 2 Wonodadi Pringsewu. Data dari penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli media, materi, dan bahasa pada sparkol videoscribe pembelajaran IPA termasuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba skala kecil di MI Raden Intan Gadingrejo dan SDN 2 Wonodadi Pringsewu yang dikutin oleh 20 peserta didik memperoleh presentase rata-rata 89,5%% dengan skor 1164 dan skor maksimal 1300. Pada uji coba lapangan skala besar di SDN 2 Wonodadi Pringsewu dan MIS Raden Intan Gadingrejo yang diikuti oleh 65 peserta didik memperoleh presentase rata-rata 90% dengan skor 3806 dan skor maksimal 4225. Berdasarkan angket respon yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan sparkol videoscribe pada kriteria sangat menarik dan layak dijadikan media pembelajaran Kata Kunci: ADDIE, Sparkol Videoscribe.