PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS FOCUSKY TERINTEGRASI NILAI NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI

Main Author: MAYA, SARI SANDRIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16571/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16571/2/SKRIPSI%20%20FULL%20MAYA%20SARI%20SANDRIANI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16571/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan dari media pembelajaran audio visual berbasis focusky terintegrasi nilai nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implentasi), dan evaluation (evaluasi). Data yang diambil dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, ahli bahasa, respon pendidik, serta respon peserta didik. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 2 Kupang Teba Bandar Lampung dan MI Miftahul Iman Keteguhan Bandar Lampung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, pendidik dan peserta didik untuk mengetahui kelayakan dari produk atau media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis focusky terintegrasi nilai nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan validasi ahli materi sebesar 92,3%, ahli media sebesar 81%, ahli bahasa 84%, tanggapan atau respon pendidik skala kecil 88,3%, pendidik skala besar 86,6%, tanggapan atau respon peserta didik skala kecil 93,4%, peserta didik skala besar 91% masuk ke dalam kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis focusky terintegrasi nilai nilai karakter pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Kata Kunci: Focusky, Media audio Visual, Nilai Karakter, Pembelajaran Tematik