PENGARUH MODEL MULTI REPRESENTASI TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Main Author: SEVIA, DWI SURYANI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16558/1/SKRIPSI%20FULL%20SEVIA%20DWI%20.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16558/2/SKRIPSI%20%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16558/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik berdasarkan pada hasil prapenelitian, hal tersebut disebabkan karena kurangnya kemampuan peserta didik dalam berpikir secara intergratif dan kurangnya minat untuk membaca atau mencari sumber informasi sehingga peserta didik tidak dapat mengembangkan kemampuan literasi sains. Selain itu, kurangnya rasa ingintahu, sikap berpikir terbuka, dan sikap ketekunan peserta didik dalam kegiatan pembelajan yang berdampak pada sikap ilmiah peserta didik yang rendah. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi exsperiment design dengan menggunakan pretest-posttest control grup design. Penelitian ini dilaksanakan dikelas XI SMAN 2 Kota Agung menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, dengan sampel dua kelas yang terdiri dari XI MIA 1 kelas eksperimen menggunakan model multi representasi dan XI MIA 2 kelas kontrol menggunakan model dicovery learning. Berdasarkan hasil data analisis yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, hasil uji MANOVA thitung  ttabel degan  = 0,05, diperoleh hasil literasi sains , dan sikap ilmiah . Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model multi representasi terhadap literasi sains peserta didik pada materi Biologi di SMAN 2 Kota Agung, dan (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran multi representasi terhadap sikap ilmiah peserta didik pada materi Biologi di SMAN 2 Kota Agung. Kata Kunci: Literasi Sains, Model Multi Representasi, Sikap Ilmiah