PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD/MI

Main Author: Yoga, Arif Rapidho
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16550/1/SKRIPSI%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16550/2/SKRIPSI%20FULL%20YOGA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16550/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash Profesional yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik kelas IV SD/MI tema berbagai pekerjaan. Dengan adanya media pembelajaran ini dapat membuat peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran dikelas, membantu peserta didik memahami pelajaran dengan mudah. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) medel ADDIE. Dalam model ini terdapat lima tahapan yang akan dilakuakan yaitu: 1) analysis, (analisis), 2) design (desain), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), dan 5) evaluation (evaluasi). Alasan pemilihan model ini dalam pengembangan karena model ADDIE lebih urut danjelas. Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli materi, dua ahli media, dan dua ahli bahasa. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan dua puluh peserta didik dan uji skala besar terdiri dari lima puluh peserta didik. penelitian ini dilakukan di MIN 2 Pringsewu kab. Pringsewu dan SDN 3 Balerejo kab. Lampung Tengah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash Profesional pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI telah diujikan melalui angket validasi ahli media yaitu 97% dengan kriteria "sangat layak". Nilai hasil validasi ahli materi yaitu 98% dengan kriteria "sangat layak". Nilai hasil validasi ahli bahasa yaitu 92% dengan kriteria "sangat layak". Hasil uji coba kelompok kecil (small group), mendapatkan nilai dengan 98%. Hasil uji coba kelompok besar (field trial), mendapatkan nilai dengan 95%. Begitu pula hasil penilaian pendidik mendapatkan hasil yang sangat baik yaitu 97%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan yang dilakukan kepada peserta didik, dan berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan oleh pendidik, pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash Profesional pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI layak digunakan dalam proses pembelaajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash Profesional,Tematik