PENERAPAN DIGITAL MARKETING MELALUI SOSIAL MEDIA SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH DI GROSIR BANG IYUZ

Main Author: M.Topan, Bastari Arkhiansyah
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16378/1/SKRIPSI%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16378/2/SKRIPSI%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16378/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Media sosial juga memungkinkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi dengan sesama produsen, pelanggan, dan atau calon pelanggan. Perusahaan kini dituntut untuk lebih memiliki inovasi untuk penjualan barang salah satunya dengan menggunakan digital marketing. Apakah penerapan digital marketing pada suatu perusahaan sesuai dengan pemasaran syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh digital marketing terhadap penjualan pada saat pandemi covid-19 di Grosir Bang Iyuz, dan untuk mengetahui apakah penerapan digital marketing sudah sesuai dengan pemasaran syariah di Grosir Bang Iyuz. Penelitian ini dilakukan pada Grosir Bang Iyuz, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu mencocokkan antara teori yang ada dengan realita empirik menggunakan metode diskriptif guna mengetahui secara mendalam bagaimana penerapan digital marketing yang dilakukan oleh Grosir Bang Iyuz. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara kepada pemilik Grosir Bang Iyuz , metode observasi partisipatif, dan juga melalui metode dokumentasi. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa Grosir Bang Iyuz, mengalami kenaikan dari rata-rata usaha yang dijalankannya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dikarenakan dengan harga yang terjangkau, kualitas produknya baik dibandingkan dengan Toko usaha lain. Hal ini merupakan tanda yang bagus bagi pemasaran Grosir Bang Iyuz. Setelah dilakukan analisis terhadap kesesuain antara teori dan aturan yang ada dengan praktik di lapangan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan digital marketing pada Grosir Bang Iyuz telah sesuai dengan pemasaran syariah. Kata Kunci: Digital marketing, Sosial media, Pemasaran Syariah