MANAJEMEN REKRUTMEN UNIT KEGIATAN MAHASISWA BIDANG PEMBINAAN DAKWAH ( UKM BAPINDA) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS ANGGOTA DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Main Author: Slamet, Arifin
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16256/1/SKRIPSI_FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16256/2/SKRIPSI_PERPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16256/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pelaksanaan kegiatan dakwah tidak pernah mengenal selesai, karena usaha untuk menyebar luaskan ajaran Islam dan mengajak manusia meyakini Islam adalah merupakan tugas dan kewajiban seluruh ummat muslim, Dakwah merupakan aktivitas yang sangat penting dalam Islam, dakwah adalah cinta , cinta akan meminta segalanya dari diri manusia begitupun dengan dakwah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti Bagaimana manajemen rekrutmen dalam meningkatkan kualitas anggota di UKM bapinda UIN Raden Intan Lampung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen rekrutmen yang digunakan oleh UKM Bapinda UIN Raden Intan Lampung sehingga mampu mendapatkan anggota-anggota yang berkualitas dan Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh UKM Bapinda UIN Raden Intan Lampung dalam proses rekrutmen anggota baru. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian langsung dilapangan atau responden , Penelitian lapangan ini diperkaya dengan data kepustakaan. UKM Bapinda sangat memperhitungkan waktu yang tepat saat pelaksanaan kegiatan rekrutmen, hal ini dibuktikan dengan rekrutmen dilaksanakan hanya satu tahun sekali yaitu pada saat penerimaan mahasiswa baru dan meningkatnya anggota-anggota yang berhasil tersaring sehingga peningkatan jumlah kader yang berhasil direkrut sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Manajemen yang digunakan UKM Bapinda dalam pelaksanaan rekrutmen yaitu dengan cara bersosialisasi kepada mahasiswa baru dengan memanfaatkan media sosial dan juga media cetak. UKM Bapinda dirasa sangatlah efektif dibandingkan dengan strategi rekrutmen yang digunakan pada tahun-tahun sebelumnya. Kata kunci: Dakwah, rekrutmen, ukm bapinda