PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRESENTATION (DMR) DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE

Main Author: Rizka, Dwi Saputri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16163/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16163/2/SKRIPSI%20RIZKA%20DWI%20SAPUTRI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16163/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kecakapan atau potensi yang dimiliki seseorang atau peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita, menyelesaikan soal yang tidak rutin, dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Self confidence adalah kepercayaan akan kemampuan terbaik diri sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat dimanfaatkan nya secara tepat untuk menyelesaikan suatu masalah dengan situasi terbaik. Berdasarkan hasil pra penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa peserta didik SMP Negeri 1 Bunga Mayang masih tergolong rendah, hal tersebut ditunjukkan berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang didapatkan bahwa nilai sebanyak 53 dari 82 peserta didik. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran pengaruh model pembelajaran diskursus multy representation (DMR) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan metode Quasi Eksperimen Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bunga Mayang. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan pada penelitian ini adalah cluster random sampling dengan materi penyajian data. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar angket self confidence. Analisis data penelitian ini adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran diskursus multy representation (DMR) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran diskursus multy representation (DMR) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap self confidence, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran diskursus multy representation (DMR) dengan pendekatan reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence. Kata Kunci : Diskursus Multy Representation (DMR), Pendekatan Reciprocal Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence.