EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DALAM JARINGAN (DARING) PADA MASA PANDEMI COVID-19
Main Author: | Hutemi, Indrianingsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/16076/1/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20II%2C%20Dapus.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16076/2/Skripsi%20Hutemi%20Indrianingsih_Npm-1411090185.pdf http://repository.radenintan.ac.id/16076/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Peralihan pembelajaran tatap muka ke kelas virtual akibat pandemi Covid-19 menyebabkan dampak positif dan dampak negatif akibat proses adaptasi maka dari itu penelitian terus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif ini dan meningkatkan nilai manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring pendidikan fisika untuk jenis mata kuliah teori, mata kuliah praktikum, mata kuliah teori-praktikum, dan mata kuliah lapangan menggunakan metode multi atribute utility theory (MAUT). Pengolahan nilai menggunakan metode MAUT akan menghasilkan nilai rangking. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survey dengan kuesioner yang dilakukan secara daring. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika UIN raden intan lampung sebanyak 70 orang yang telah mengikuti kelas perkuliahan virtual. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran daring memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi untuk mata kuliah teori dan teori praktikum sebesar 0,625 diikuti mata kuliah praktikum dan lapangan. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran tidak dapat dilakukan secara daring seluruhnya, model pembelajaran hybrid menjadi solusi baik ketika masa pandemi atau ketika pandemi sudah usai. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan dalam merumuskan model pembelajaran hybrid fisika. Kata kunci: MAUT, Pembelajaran Fisika, Pembelajaran Daring.