PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN TIME TOKEN ARENDS (TTA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Main Author: MAILAN, ALI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/16052/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16052/2/SKRIPSI%20MAILAN%201711050067%20print.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/16052/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik belum berkembang secara maksimal. Model pembelajaran LAPS- Heuristik dengan Time Token Arends (TTA) diduga mampu membuat kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Daarul Maarif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran LAPS-Heuristik dengan TTA dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran LAPS-Heuristik denganTTA dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII MTs Daarul Maarif. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga ditolak dan diterima. Kata Kunci : LAPS-Heuristik, Time Token Arends, Pemecahan Masalah, Pemahaman Konsep