PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Diani, Henda
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/1604/1/Skripsi_Full_Diani.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/1604/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran BBL dirancang untuk menciptakan pembelajaran dengan berorientasi pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal uraian berjumlah 10 soal pada materi fluida statis. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu 3,81>1,66. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik.