PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: SITI, AFIFATUN
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15797/1/SAMPUL%20BAB%201-2%20PUSTAKA%20SITI%20AFIF%20.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15797/2/SITI%20AFIFATUN%20DISERTASI%20LENGKAP.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15797/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kualitas pendidikan di madrasah menjadi tujuan utama dalam standar pelayanan minimal kepada masyarakat yang ditunjukkan dengan peningkatan kinerja guru-guru yang tinggi. Efektivitas kinerja guru diasumsikan akan dipengaruhi oleh supervisi akademik kepala madrasah, iklim organisasi, dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang; 1) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah Aliyah (MA) terhadap Motivasi Kerja Guru MA; 2) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Motivasi Kerja Guru MA; 3) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama terhadap Motivasi Kerja Guru MA; 4) Pengaruh langsung maupun tidak langsung Supervisi Akademik Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru MA; 5)Pengaruh pengaruh langsung maupun tidak langsung Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru MA; 6) Pengaruh langsung maupun tidak langsung Supervisi Akademik Kepala Madrasah dan Iklim Organisasi secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru MA; 7) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru MA; 8) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Madrasah, Iklim organisasi dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru MA se- Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan metode survey. Populasinya adalah guru-guru MA Negeri dan swasta di kabupaten Lampung Utara yang berjumlah 723 orang dan pengambilan sampelnya dengan teknik Cluster random sampling dengan multi stage (dua tahap) dengan cara penentuan menghitung ukuran sampel menggunakan rumus Isaac dan Michael yang berjumlah 177 orang untuk taraf kesalahan 5%. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif serta analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah ; 1) Supervisi akademik Kepala Madrasah terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan kontribusi 42,3%. 2) Iklim organisasi MA terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan kontribusi 43,2%. 3) Supervisi akademik Kepala Madrasah dan iklim organisasi di MA secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan kontribusi 37,5%. 4) Supervisi akademik Kepala Madrasah terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi secara total baik itu secara langsung maupun tidak langsung sebesar 44,9%; 5) Iklim organisasi pada MA terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 11,7%. 6) Supervisi akademik Kepala Madrasah dan iklim organisasi pada MA secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Besarnya kontribusi secara total sebesar 74,3% 7) Motivasi kerja guru terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MA dengan kontribusi 76,0%.; 8) Supervisi akademik Kepala Madrasah, iklim organisasi, dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah dengan kontribusi 62,4 %. Secara parsial, motivasi kerja guru paling dominan mempengaruhi kinerja guru. Implikasi penelitian ini menyatakan bahwa Supervisi akademik, iklim organisasi dan motivasi mempunyai pengaruh yang cukup kuat dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah di MA Negeri dan swasta di Lampung Utara. Maka apabila Supervisi dilaksanakan dengan baik, terprogram sesuai dengan langkah-langkah supervisi maka kinerja guru akan semakin meningkat, kemudian ditunjang dengan iklim organisasi madrasah yang kondusif maka akan terdorong guru semakin termotivasi dalam kerjanya sehingga kinerja guru semakin meningkat lagi. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Iklim Organisasi, Motivasi Kerja dan Kinerja Guru.proved to have a positive and significant effect on teacher work motivation with a contribution of 42.3%. 2) organizational climate proved to have a positive and significant effect on teacher work motivation with a contribution of 43.2%. 3) Academic supervision of Madrasah Principals and organizational climate in MA together have been shown to have a positive and significant effect on teacher work motivation with a contribution of 37.5%. 4) Academic supervision of Madrasah Principals proved to have a positive and significant effect on teacher performance with a total contribution of 44.9% either directly or indirectly; 5) Organizational climate in MA has been proven to have a positive and significant effect on teacher performance with a contribution of 11.7%. 6) The academic supervision of the Madrasah Principal and the organizational climate at the MA together have been shown to have a positive and significant effect on teacher performance. The total amount of contribution is 74.3%. 7) The work motivation of teachers has been proven to have a positive and significant effect on the performance of MA teachers with a contribution of 76.0%; 8) The academic supervision of the Madrasah Principal, organizational climate, and teacher work motivation together proved to have a positive and correlational research and survey methods. The population is public and private MA teachers in North Lampung district, totaling 723 people and the sample is taken using a cluster random sampling technique with multi stage (two stages) by determining the sample size using Isaac and Michael's formula, totaling 177 people for the error level. 5%. Research data were collected through questionnaires and analyzed using descriptive standard of service to the community which is indicated by the high performance improvement of teachers. The effectiveness of teacher performance is assumed to be influenced by the academic supervision of the madrasah principal, organizational climate, and work motivation. This study aims to obtain empirical evidence about; 1) The Effect of Academic Supervision of the Head of Madrasah Aliyah (MA) on the Work Motivation of MA Teachers; 2) The Effect of Organizational Climate on the Work Motivation of MA Teachers; 3) The influence of the Head of Madrasah Academic Supervision and Organizational Climate together on the Work Motivation of MA Teachers; 4) The direct or indirect influence of the Principal's Academic Supervision on the Performance of MA Teachers; 5) The direct or indirect influence of the work climate on the performance of MA teachers; 6) The direct or indirect influence of the Head of Madrasah Academic Supervision and Organizational Climate together on the Performance of MA Teachers; 7) The Influence of Work Motivation on the Performance of MA Teachers; 8) Effect of Academic Supervision of Madrasah Heads, Organizational Climate and Work Motivation together on the Performance of MA Teachers in North viii ABSTRACT The quality of education in madrasah is the main goal in the minimum Lampung Regency. This research was conducted using a quantitative approach with the type of statistical techniques and path analysis. The results of this study are; 1) Academic supervision of Madrasah Principals significant effect on the performance of MA teachers with a contribution of 62.4%. The implication of this research is that academic supervision, organizational climate and motivation have a strong enough influence in improving the performance of Madrasah teachers in public and private MA in North Lampung. So if the supervision is carried out properly, programmed in accordance with the supervision steps, the teacher's performance will increase, then supported by a conducive madrasa organizational climate, it will encourage teachers to be more motivated in their work so that teacher performance will ix increase again. Keywords: Academic Supervision, Organizational Climate, Work Motivation and Teacher Performance. جئاBBBBBBBBBتن هذه ةBBBBساردلا يه: 1) تBBBBBBBBبث نأ فارBBBBBBشلإل يميداBBBBBBكلأا ىBBBلع يريدBBBم ةBBBBسردملا ريثأBBBBBBBBBBBت إيباBBBBBBBBجي ماهو ىBBBلع زيBBBBBBBBBBBفحت لمع مBBBBBBلعملا ةبBBBBBBBBBBBسنب 42.3٪. 2) تBBBBBBBBبث نأ خاBBBBنملا يBBBBBBBBBBBBميظنتلا ريتBBBBBBBBBBBBBBسجاملل هBBل ريثأBBBBBBBBBBBت يباBBBBBBBBجيإ ماهو ىBBBلع زيBBBBBBBBBBBفحت لمع مBBBBBBلعملا ةبBBBBBBBBBBBسنب 43.2٪. 3) دBBBBBقل تBBBBBBBBبث نأ فارBBBBBBشلإل يميداBBBBBBكلأا ىBBBلع يريدBBBم ةBBBBسردملا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا يBBBBBف ريتBBBBBBBBBBBسجاملا ريثأBBBBBBBBBBBت يباBBBBBBBBجيإ ماهو ىBBBلع زيBBBBBBBBBBBفحت لمع مBBBBBBلعملا بةبBBBBBBBBسن 37.5٪. 4) تBBBBBBBBبث نأ فارBBBBBBشلإل يميداBBBBBBكلأا ىBBBلع يريدBBBم ةBBBBسردملا ريثأBBBBBBBBBBت يباBBBBBBBBجيإ ماهو ىBBBلع ءادأ مBBBBBBلعملا ةمهاBBBسمب ةBBBBBيلامجإ غBBBBBBBBBBBلبت 44.9٪ ءاوBBBس لكBBBBBBBBشب رBBBBBBشابم وأ ريBBBBغ رBBBBBBشابم. 5) دBBBBBقل تBBBBBBBBبث نأ خاBBBBنملا يBBBBBBBBBBBBميظنتلا يBBBBBف ريتBBBBBBBBBBBسجاملا هBBل ريثأBBBBBBBBBBBت يباBBBBBBBBجيإ ماهو ىBBBلع ءادأ مBBBBBBلعملا ةبBBBBBBBBBBBسنب 11.7٪. 6) دBBBBBقل تBBBBBBBBبث نأ فارBBBBBBشلإل يميداBBBBBBكلأا ريدBBBBBمل ةBBBBسردملا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا يBBBBBف ريتBBBBBBBBBBBسجاملا اعم ريثأBBBBBBBBBBBت يباBBBBBBBBجيإ ماهو ىBBBلع ءادأ ً مBBBBBBلعملا. تBBBBBBBBغلب ةمهاBBسملا ةBBBBBBيلامجلإا 74.3٪ .7) تBBBBBBBBبث نأ عفادBBBBBBBBلا يBBBBBBلمعلا نBBBBBBBBBBBيملعملل هBBل ريثأBBBBBBBBBBBت يباBBBBBBBBجيإ يوBBBنعمو ىBBBلع ءادأ يBBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا ةبBBBBBBBBBBBسنب 76.0٪. 8) تBBBBBBBBبثأ فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا دBBملرBBBBي ةBBBBسردملا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا عBBBBBفاودو لمع مBBBBت ءارجإ اذه ثBBBBBBBحبلا تBBBBBBسابمادخ جBBهنم يBBمك عم عوBBBن ثBBBBBBBحبلا يطاBBBBBBBBBبترلاا قرطو حBBBBBسملا. ناكBBBBBBسلا مه وBBسردم ريتBBBBBBBBBسجام يBBBBBف نيعاBBBBBBBBطقلا ماBBBBعلا صاBBBخلاو يBBBBBف ةBBBBقطنم لامBBش جنوBBBBBBBبملا ، غBBBBBBBBBBلبيو يلاBBBمجإ مهددع 723 اصخش ، مBBBBBBBتيو ذخأ ةBBBBBBBBنيعلا ً مادختBBBBBBBBBBساب ةBBBBBBBBBBBينقت ذخأ تاBBBBBBBBBنيعلا ةBBBBBBBBBBBيدوقنعلا ةيئاوBBBBBBBBBBBBشعلا تاذ لBBBحارملا ةددBBBBBBBعتملا (ناBBBBBBتلحرم) نم للاBBخ تدBBBBيدح مجح ةBBBBBBBBنيعلا مادختBBBBBBBBBBساب ةغيBBBBBBص قاحBBBسإ لBBBBكيامو ، يلاBBBBBBمجإب 177 اصخش أBBBBBطخلل ىوتBBBBBBBBسملا 5٪. مBBBBت عمج تاBBB ً BBBBBBنايب ثBBBBBBBحبلا نم للاBBخ تانايبتBBBBBBBBBBBBBBBBسلاا اBBBBBBBBBBBهليلحتو مادختBBBBBBBBBBساب بيلاBBBBBBBBBسلأا ةيئاBBBBBBBBBصحلإا نإ ةدوج مBBBBBBBBBBBBBيلعتلا يBBBBBف سرادBBملا ةBBBBBBBBBBينيدلا يه فدBBهلا يBBBBBBBBBBBBسيئرلا يBBBBBف دBBBحلا ىBBBBندلأا نم ىوتBBBBBBسم ةBBمدخلا عBBBBBBBBBمتجملل يذBBBلاو ىBBBBBBBBBBلجتي يBBBBBف ةداBBBيز ءادلأا يلاBBBBBBBعلا نBBBBBBBBBBBيملعملل. نم ضرتBBBBBBBBBBفملا نأ رثأBBBBBBBBBBBتت ةBBBBBBBBBBيلاعف ءادأ مBBBBBBلعملا فارBBBBBBBشلإاب يميداBBBBBBكلأا ريدBBBBBمل ةBBBBسردملا ، خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا ، عBBBBBفاودو لBBBBمعلا. فدBBBهت هذه ةBBBBساردلا ىBBBلإ لوBBBBBصحلا ىBBBلع ةBBلدأ ةBBBBBBBBBBBBBيبيرجت لوح ؛ 1) رBBBBثأ فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا سيئرBBBBBBBBBل ةBBBBسردملا اBBBBBBBBBيلعلا ىBBBلع زيBBBBBBBBBBBفحت يBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا ىBBBلع لBBBBمعلا. 2) ريثأBBBBBBBBBBBت خاBBBBنملا يBBBBBBBBBBBBميظنتلا ىBBBلع عفادBBBBBBBBلا يBBBBBBBBBBفيظولا يBBBBBBملعمل ريتBBBBBBBBBسجام. 3) ريثأBBBBBBBBBBBت سBBBBBBBيئر فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا يBBBBBف ةBBBBسردملا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا عما ىBBBلع ً زيBBBBBBBBBBBفحت يBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا يBBBBBف لBBBBمعلا ؛ 4) ريثأBBBBBBBBBBBBBتلا رBBBBBBBBشابملا وأ ريBBBBغ رBBBBBBBBشابملا فارBBBBBBشلإل يميداBBBBBBكلأا ريدBBBBBBBBملل ىBBBلع ءادأ يBBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا ؛ 5) ريثأBBBBBBBBBBBBBتلا رBBBBBBBBشابملا وأ ريBBBBغ رBBBBBBBBشابملا خاBBBBنمل لBBBBمعلا ىBBBلع ءادأ يBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا. 6) ريثأBBBBBBBBBBBBBتلا رBBBBBBBBشابملا وأ ريBBBBغ رBBBBBBBBشابملا سيئرBBBBBBBBBل فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا يBBBBBف ةBBBBسردملا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا اعم ىBBBلع ءادأ يBBBملعم ريتBBBBBBBBBسجام. 7) ً ريثأBBBBBBBBBBBت عBBBBBفاد لBBBBمعلا ىBBBلع ءادأ يBBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا. 8) ريثأBBBBBBBBBBت فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا ءاBBBBBسؤرل ةBBBBسردملا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBBميظنتلا عBBBBBفاودو لBBBBمعلا اعم ىBBBلع ءادأ ً x ةذBBBBBBبن ةرBBBBBBصتخم يBBBBملعم ريتBBBBBBBBBBBسجاملا يBBBBBف يBBBBBBBBBسنجير جنوBBBBBBBبملا ةيلامBBBBBBBBBشلا. ةيفBBBBBBBBBBBصولا لBBBBBBBBBBيلحتو راBBBBسملا. نإ ىنBBBBBBعملا ينمBBBBBBBضلا اذBBهل ثBBBBBBBحبلا وه نأ فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا خاBBBBنملاو يBBBBBBBBBBBميظنتلا زيBBBBBBBBBBBBBBفحتلاو لاه ريثأBBBBBBBBBBBت يوBBBق اBBBمب يBBBBBBBBBBفكي يBBBBBف نيBBBBBBBBBBسحت ءادأ يBBBBملعم ةBBBBسردملا يBBBBBف ريتBBBBBBBBBBBسجاملا ماBBBBعلا صاBBBخلاو يBBBBBف لامBBش جنوBBBBBBBبملا. كلذBBBBBل اذإ مBBBBت ذBBBBBBBBBBBBBيفنت فارBBBBشلإا لكBBBBBBBBشب حيحBBBBBBص ، هBBBBBBBتجمربو اقفو تاوBBBطخل فارBBBBشلإا ، دادزيBBBBBBس ءادأ ً مBBBBBBلعملا ، مBBBBث هBBمعدي خاBBنم يBBBBBBBBBميظنت يBBBسردم تاوم ، عجBBBBBBBBBشيس نBBBBBBBBيملعملا ىBBBلع نأ xi نBBBBBBBBيملعملا اعم ا ً ريثأت ا ً يباجيإ ا ً ماهو ىBBBلع ءادأ يBBBBملعم ةBBBBسردملا اBBBBBBBBBيل ً علا ةبBBBBBBBBBBBسنب 62.4٪. ايئزج ، رBBBBBBBثؤي عBBBBBفاد لمع مBBBBBBلعملا لكBBB ً BBBBBشب ريBBBBBBBBBبك ىBBBلع ءادأ مBBBBBBلعملا. اوBBBBBBBنوكي رثBBBBBBكأ زيفحتا يBBBBBف مBBهلمع ىتBBBBBح عفترBBBBBBBBBBBBي ء ً ادأ مBBBBBBلعملا ةرم ىرخأ . تاBBBBBBملكلا ةBBBBBBBBBBBBيحاتفملا: فارBBBBشلإا يميداBBBBBBكلأا ، خاBBBBنملا يBBBBBBBBBBBBميظنتلا ، ةBBBBBBBBBBيعفادلا لBBBBBBمعلل ءادأو مBBBBBBلعملا.