PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI TK MELATI PUSPA TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG
Main Author: | OLLA, OLVIANA OKTAREZA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/15753/1/FIX%20CETAK%20SKRIPSI%20OLLA.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15753/2/PERPUS%20PUSAT%20BAB%20I%20DAN%202.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15753/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pelaksanaan evaluasi pembelajaran belajar dari rumah (BDR) adalah proses pengumpulan data untuk menentukan sampai sejauh mana tujuan pendidikan tercapai dengan dilakukan pengamatan oleh pendidik serta orang tua sebagai prantara evaluasi pembelajaran anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR) di Taman Kanak�Kanak Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR) di Taman Kanak-Kanak Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah pendidik dan orang tua murid. Alat pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan reduksi data, display data/penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Belajar Dari Rumah (BDR) di Taman Kanak-Kanak Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung menyatakan bahwa dari lima indikator ada tiga indikator yang sudah terpenuhi diantaranya : (i) merumuskan tujuan dilaksanakan evaluasi, (ii) mengumpulkan hasil kerja anak dalam portofolio, (iii) pelaporan dan tindak lanjut. Namun, ada dua indikator yang belum terpenuhi secara optimal yaitu menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi dalam pencapaian perkembangan anak hanya empat atau lima aspek perkembangan dalam setiap hari, memilih dan menentukan teknik yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan evaluasi hanya melihat hasil karya anak berupa foto dan voice note (rekaman suara) yang dikirimkan oleh orang tua hanya hasil akhirnya saja tanpa adanya proses kegiatan pembelajaran belajar dari rumah (BDR). Kata Kunci : Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran, Belajar Dari Rumah