PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SKETCHUP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SMP KELAS VIII

Main Author: Eko, Susanto
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15725/1/SKRIPSI%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15725/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15725/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning berbantuan Google Sketchup untuk Meningkatkan Kemampuan Penelaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Smp Kelas VIII. Oleh : Eko Susanto Pendidikan yang berkualitas baik akan menciptakan generasi baik pula sehingga kehidupan bangsa dan Negara menjadi lebih baik. Namun, berdasarkan hasil observasi berupa tes kemampuan penalaran matematis peserta didik menunjukkan bahwa tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Google Sketchup terhadap kemampuan penalaran serta untuk mengetahui interaksi antara model dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi ekperiment design. Populasi padapenelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berbantuan Google Sketchup dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dilanjut dengan uji hipotesis yaitu menggunakan ANAVA dua jalan sel tak sama dan uji lanjut menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan, pertama, terdapat pengaruh model Quantum Learning berbantuan Google Sketchup terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kedua, terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Selanjutnya ketiga, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar. Kata kunci : Gaya Belajar Peserta Didik, Kemampuan Penalaran Matematis, Metode Ceramah, dan Model Quantum Learning berbantuan Google sketchup.