PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU KELAS VII PADA MATERI POKOK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERINTEGRASI NILAI-NLAI ISLAM
Main Author: | Endah, Meliasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/15706/1/SKRIPSI%201-2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15706/2/SKRIPSI%20Endah%20Meliasari.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15706/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK bertujuan Penelitian ini untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA terpadu kelas VII pada materi pokok energi dalam sistem kehidupan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) terintergrasi nilai-nilai islam. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D dengan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli teknologi pembelajaran, serta ahli agama untuk menguji kelayakan modul dan angket respon pendidik terhadap modul untuk menguji serta angket respon peserta didik dengan uji coba skala kecil dan uji coba lapangan untuk menguji kemenarikan modul. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan menurut ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli agama sangat baik dengan persentase penilaian masing-masing setelah revisi adalah 92,3% menurut ahli materi, 95% menurut ahli teknologi pembelajaran, dan 94% menurut ahli agama. Serta hasil rata-rata yang diperoleh dari pendidik sebesar 91%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 87,7%, serta uji coba lapangan sebesar 88%. Kata kunci : Modul IPA Terpadu, Materi Energi dalam Sistem Kehidupan, Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Terintergrasi Nilai-Nilai Islam