ETIKA MENDIDIK ANAK PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLIKASINYA DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL
Main Author: | HIKMAH, Agus Dewantara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/15642/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15642/2/SKRIPSI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15642/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah Problematika yang dihadapi pada masa anak-anak salah satunya yaitu tidak tepatnya cara serta sikap yang digunakan dalam mendidik anak. Dimana dalam mendidik tidak disesuaikan dengan kebutuhan, usia, lingkungan dan kondisi anak. Terutama dalam hal kecerdasan spiritual. Dengan rumusan masalah bagaimana cara etika mendidik anak perspektif islam dan implikasinya terhadap kecerdasan spiritual. Dan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika mendidik anak perpektif islam, dan menganalisis apakah Etika mendidik anak perspektif Islam ini berkaitan terhadap pembentukkan kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian yang dilakukan dengan cara membaca buku, majalah, dan sumber data lainnya. Berdasarkan hasil analisis data Etika Mendidik Anak perspektif Islam karena tips-tips yang tepat dan dilakukan secara bertahap jika penerapan etika mendidik anak dilakukan dengan benar dan mengikuti tips-tips yang sudah dijelaskan, maka tujuan dari Pendidikan itu akan tercapai. Apabila dikaitkan dengan kecerdasan spiritual, etika mendidik anak dengan pintar perspektif Islam sangat berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Kata Kunci: Etika Mendidik Anak Perspektif Islam, kecerdasan spiritual iiABSTRACT The background of this research is the problems faced in childhood, one of which is the inappropriate way and attitude used in educating children. Where in educating is not adapted to the needs, age, environment and conditions of the child. Especially in terms of spiritual intelligence. With the formulation of the problem of how to ethically educate children from an Islamic perspective and its implications for spiritual intelligence. And this study aims to analyze the application of ethics in educating children from an Islamic perspective, and analyze whether the ethics of educating children from an Islamic perspective is related to the formation of children's spiritual intelligence. This research uses library research or library research. Research conducted by reading books, magazines, and other data sources. Based on the results of the data analysis on the ethics of educating children from an Islamic perspective, because the tips are right and carried out in stages, if the application of ethics in educating children is done correctly and follows the tips that have been explained, then the goal of education will be achieved. When associated with spiritual intelligence, the ethics of educating children with smart Islamic perspectives plays an important role in increasing the spiritual intelligence of students. Keywords: The ethics of educating children from an islamic perspective, spiritual intelligence