PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK

Main Author: RISKI, SUSANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15574/1/BAB%201%205%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15574/2/SKRIPSI%20RISKI%20SUSANTI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15574/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK Model Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran dikembangkan untuk membantu pendidik dalam yang mengembangkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya suatu peningkatan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep matematis yang menerapkan model pembelajaran PBL dengan menggunakan bahan ajar gamifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental design menggunakan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Lampung Timur. Sampel penelitian ini berjumlah 60 peserta didik dengan 30 peserta didik di kelas eksperimen dan 30 peserta didik di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji ANOVA dua jalan dengan taraf signifikan 95%. dan perhitungnnya menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL dengan menggunakan bahan ajar gamifikasi terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori. Selain itu, terdapat pengaruh antara gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif FI memiliki peningkatan kemampuan memahami konsep matematika yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki gaya kognitif FD. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Kata Kunci: Model PBL, Gamifikasi, Pemahaman Konsep Matematis, Gaya Kognitif,