PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS BOUNDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI MAN 2 LAMPUNG UTARA
Main Author: | AKRIMA, ALFIYANA SEPTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/15571/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15571/2/SKRIPSI_PERPUS.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15571/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Oleh: Akrima Alfiyana Septi Penelitian dan penggembangan modul dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul Biologi berbasis bounded inquiry laboratory pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 2 Lampung Utara, (2) respon peserta didik terhadap modul Biologi berbasis bounded inquiry laboratory pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 2 Lampung Utara. Penelitian dan pengemabang ini adalah jenis penelitian yang menggunakan metode pengembangan R&D (Reserch and Development), penelitian pengembangan ini merupakan langkah dalam mengembangkan produk baru atau mengemabngan produk yang sudah ada. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Presentase kelayakan modul pada tahap pengembangan, pada tahap awal validasi para ahli materi, memperoleh presentase 75% dengan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi para ahli materi, memperoleh presentase 92,08% dengan kategori sangat layak, pada tahap awal validasi ahli media memperoleh presentase 80% dengan kategori layak, sengakan pada tahap akhir validasi ahli media memperoleh presentase 92,22% dengan kategori sangat layak dan pada tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 71,66% dnegan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 86,11% dnegan kategori sangat layak. Pada uji Coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas presentase yang di peroleh 89,52% dengan kategori sangat baik, pada uji coba skla luas presentase yang di peroleh 90,20% dengan kategori sangat baik, kemudian pada respon pendidik presentase yang di peroleh 80% dengan kategori baik. Kata kunci: Modul, Bounded Inquiry Laboratory, ADDIE