PERSEPSI GURU TERHADAP PROGRAM KELAS UNGGULAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GADINGREJO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU

Main Author: MELY, NUR BAYTI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15544/1/PERPUS%20PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15544/2/SKRIPSI%20MELY%20NUR%20BAYTI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15544/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi guru terhadap program kelas unggulan. Selain itu hal-hal yang diunggulkan dari kelas tersebut juga dibahas dalam skripsi ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Skripsi ini berupaya mendeskripsikan tentang bagaimana persepsi guru, latar belakang, dan tujuan program kelas unggulan, serta hal-hal yang diunggulkan dari kelas unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Adapun, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai persepsi guru, latar belakang dan tujuan program kelas unggulan serta hal-hal yang diunggulkan dari kelas unggulan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Sedangkan, data sekunder berupa teori-teri tentang persepsi dan konsep kelas unggulan serta data penunjang lainnya yang diperoleh dari dokumentasi dari profil SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan dalam mendeskripsikan tentang bagaimana persepsi guru terhadap program kelas unggulan, latar belakang dan tujuan program kelas unggulan, serta hal-hal yang diunggulkan dari kelas unggulan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo. Temuan penelitian ini menunjukkan, bahwa para guru di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo mempunyai persepsi berbeda-beda tentang kelas unggulan. Namun, persepsi dari masing-masing guru tersebut sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Dasar dalam buku pedoman penyelenggaraan kelas unggulan, yaitu peserta didik karena prestasinya menonjol, maka dikelompokkan dalam satu kelas tertentu, kemudian diberi program pengajaran yang sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan dengan materi tambahan pada mata pelajaran tertentu. Sedangkan latar belakang program kelas unggulan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yaitu, sebagai ciri khas sekolah dan sebagai upaya pemeliharaan al-qur‟an. Kemudian untuk tujuan kelas unggulan di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo adalah, untuk mengembangkan iidan meningkatkan kualitas pendidikan, serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam merealisasikannya dapat dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran dikelas unggulan, materi, metode yang digunakan, fasilitas penunjang, dan evaluasi dalam program kelas unggulan. Adapun untuk hal-hal yang diunggulkan dari kelas unggulan yang ada di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo, yaitu unggul potensi siswa, unggul kompetensi guru, dan unggul program pembelajaran. Kata Kunci: Kelas Unggulan, Persepsi Guru, SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo.