PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMPN 31 BANDAR LAMPUNG

Main Author: DESI, MIRANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15485/1/PUSAT%20BAB%201%20DAN%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15485/2/SKRIPSI%20DESI%20MIRANTI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15485/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran billboard ranking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 31 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimen Design dengan desain Nonequivalent Control Grup Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Mengingat data yang dianalisis bersifat kuantitatif, maka peneliti menggunakan Uji Validitas yang terdiri dari uji tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20, Uji normalitas menggunakan rumus Liliefors dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesisnya menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung>ttabelyaituthitung = 6,615 danttabel1,669, makapadatarafsignifikan H0 ditolakdan H1 diterima . Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran billboard ranking terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 31 Bandar Lampung. Kata Kunci :Hasil Belajar, PAI, Billboard Ranking