PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PERSERTA DIDIK PADA MATERI FISIKA

Main Author: JULI, HARTATI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15465/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15465/2/SKRIPSI%20FULL%20%20JULI%20HARTATI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15465/
Daftar Isi:
  • ABSTARK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Self Efficacy dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMA. Untuk mengukur self efficacy peserta didik dilakukan tes berupa kuisoner sebanyak 20 pertanyaan dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dilakukan tes berupa soal essay/uraian sebanyak 10 butir soal. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain equivalent control group desain. Populasi pada non penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA di SMAN 1 Tanjung Bintang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kelas X MIPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh diuji menggunkan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa data terdistribusi normal dengan > 0,05 dan homogenitas nilai sig. 0,007 > 0,05 untuk self efficacy dan nilai sig. 0,014 > 0,05 untuk kemampuan berpikir kreatif sehingga diuji menggunakan uji manova dengan memperoleh nilai sig. 0,000 > 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap self efficacy dan kemampuan berfikir kreatif peserta didik pada materi fisika.