MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI DI MTS MATHLA’UL ANWAR SINDANG SARI CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

Main Author: VIVI, AMALIA AFTITAH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15463/1/SKRIPSI%20%20BAB%201%265.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15463/2/SKRIPSI%20FULL%20VIVI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15463/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Vivi Amalaia Aftitah Npm: 1611010259 Motivasi merupakan suatu keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai suatu tujuan tertentu, bahkan dalam pendidikan motivasi sangat diperlukan untuk menumbuhkan semangat dalam belajar. Apalagi adanya pandemi covid 19 yang melanda hampir diseluruh belahan dunia mengakibatkan segala aktivitas menjadi terbatas termasuk juga dalam pendidikan, yang dalam pelaksanaan pembelajarannya dilakukan secara daring atau dalam jaringan yang menggunakan media seperti smartphone dan juga komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peseeta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini dalam masa pndemi covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskroptif kuantiitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer atau data utama. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan juga angket. Analisis data dalam penelitian ini diolah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi melalui angket atau kuisioner menunjukkan presentase rata- rata sebesar 71,91666667% atau berkriteria Tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapatnya motivasi yang tinggi pada peserta didik di MTs Mathla’ul Anwar Sindang Sari Candipuro Lampung Selatan dalam pembelajaran daring pada masa pandemi. Kata kunci: motivasi peserta didik, pembelajaran daring, dan pandemi covid 19.