PEMBELAJARAN ASWAJA DALAM PENGUATAN AMALIYAH SISWA MA AL HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Main Author: BERLIAN, UMI SOLEHA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15433/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15433/2/SKRIPSI%20BERLIAN%20UMI%20SOLEHA.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15433/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Dalam sebuah proses belajar pemahaman memiliki peran yang penting untuk mengintegrasikan dan penguatan nilai-nilai aswaja pada peserta didik, karena pemahaman merupakan proses tertanamnya nilai dalam diri peserta didik. Selain itu, sikap keteladanan dari guru dapat menempatkan diri sebagai tauladan atau contoh bagi peserta didik. Oleh karena itu, perlu adanya peranan yang kuat antara pendidik dan peserta didik untuk besama-sama memajukan penguatan amaliyah aswaja. MA Al Hikmah Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen serta semangat dalam meningkatkan penyebaran ajaran Islam Ahlusunah Wal Jamaah (Aswaja). Dan semakin bejalannya waktu disaat lembaga pendidikan juga dituntut dapat beradaptasi dengan pendidikan modern Madrasah Aliyah Al Hikmah tetap mempertahankan nilai-nilai keaswajaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Rencana pembelajaran Aswaja, Pelaksanaan pembelajaran Aswaja, Evaluasi pembelajaran Aswaja dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan amaliyah di MA Al Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek yang diteliti adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran aswaja, dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan amaliyah siswa terdiri dari perencanaan pembelajaran Aswaja, pelaksanaan pembelajaran Aswaja, evaluasi pembelajaran Aswaja. Metode dan strategi yang digunakan dalam proses pembeajaran menggunakan metode ceramah, sorogan dan Tanya jawab. Faktor yang pendukung dan penghambat yang terbagi menjadi dua fakot yaiutu faktor intern yang berasal dari diri siswa itu sendiri dan ekstern yang berasal dari luar siswa contohnya budaya sekolah, lingkungan, warga sekolah maupun yang lainnya. Kata kunci: Pembelajaran, mata pelajaran Aswaja, Amaliyah