IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANBU’A PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM PENINGKATAN MEMBACA AL-QURA’AN MATERI TAJWID (MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL DAN MAD ARIDH LISSUKUN DIKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

Main Author: ASTUTI, Sanhatmo
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15369/1/BAB%201%2C%202%20DAN%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15369/2/SKRIPSI%20ASTUTI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15369/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANBU’A PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DALAM PENINGKATAN MEMBACA AL- QURA’AN MATERI TAJWID (MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL DAN MAD ARIDH LISSUKUN) DIKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH HASANUDDIN TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG Kedudukan tajwid dalam kehidupan manusia menempati tempat yang sangat penting, sebab dalam mengucapkan huruf demi huruf saat membaca al-Qur’an. Baik kesalahan- kesalahan yang dapat mengubah makna atau kesalahan-kesalahan yang tidak mengubah makna, keunggulan membaca al-Qur’an tanpa disertai dengan tajwid akan membawa kesalahan pada sipembaca al-Qur’an. Sedangkan Allah berfirman “sebaik-baik manusia adalah dia yang mempelajari al-Qur’an dengan tajwid dan mengajarkannya kepada orang lain” idealnya pendidikan tajwid diberikan oleh orang tua sejak kecil. karna dengan diajarkannya membaca al-Qur’an menggunakan tajwid sejak kecil atau usia dini, sianak akan terbiasa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid dan hukum-hukum bacaan yang ada dalam al-Qur’an. Jenis penelitian dari skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “Yanbu’a” yakni, yakni suatu metode baca tulis dan menghafal al-Qur’an untuk membacanya peserta didik tidak boleh mengeja, membaca langsung dengan cepat, tepat lancar dan tidak putus-putus disesuaikan dengan kaidah makharijul huruf. Setelah dikaji secara mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tajwid dalam kitab ” Yanbu’a “ mencakup tentang pentingnya pendidikan tajwid dasar atau sumber pendidikan tajwid (Al-Qur’an dan Hadist) Kata kunci: METODE PEMBELAJARAN YANBU’A MEMBACA AL-QUR’AN MATERI TAJWID MAD WAJIB MUTTASIL, MAD JAIZ MUNFASIL, DAN MAD ARIDH LIS-SUKUN.