PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN ALAT PERAGA TANGRAM CINA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BANGUN DATAR SISWA SMP

Main Author: ANI, DWI SETIYAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/15319/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15319/2/SKRIPSI%20ANI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/15319/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pendidikan yang berkualitas baik akan menciptakan generasi yang baik juga sehingga kehidupan bangsa dan Negara akan menjadi lebih baik. Disisi lain, berdasarkan hasil observasi berupa tes pemahaman konsep matematis siswa masih sangat rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) berbantuan alat peraga tangram cina terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII SMP Islam Al-Hikmah Istiqomah, teknik pengambilan sampelya menggunakan sampel jenuh. Pada teknik ini dimana kelas C menjadi kelas eksperimen 1 yaitu menggunkan model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) dan kelas B sebagai kelas eksperimen 2 yaitu dengan model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) berbantuan alat peraga tangram cina dan kelas A sebagai kelas control yaitu menggunakan model konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Anova satu jalan dengan sel tak sama dan uji komparansi ganda menggunakan uji Scheffe’. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan anova satu jalan diperoleh Fhitung = 20,01> 3,12 = Ftabel berarti H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) berbantuan alat peraga tangram cina terhadap pemahaman konsep matematis siswa bangun datar siswa SMP. Berdasarkan hasil uji Scheffe’ pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) berbantuan alat peraga tangram cina memberikan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS), Alat Peraga Tangram, Pemahaman Konsep Matematis.