PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN STRATEGI HEURISTIK KRULIK RUDNICK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE
Main Author: | ELSA, WIDYA ASRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/15289/1/SKRIPSI%201-2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15289/2/SKRIPSI%20ELSA%20WIDYA%20ASRI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/15289/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kemampuan representasi matematika merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik untuk menyajikan kembali masalah matematis dengan notasi, kata-kata, simbol-simbol, tabel, diagram, atau grafik dengan cara lain yang diukur dengan indikator kemampuan representasi matematika. Self confidence merupakan kepercayaan akan kemampuan terbaik diri sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki dapat dimanfaatkan nya secara tepat untuk menyelesaikan suatu masalah dengan situasi terbaik. Berdasarkan hasil wawancara yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematika dan self confidence peserta didik di SMP Negeri 7 Krui masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick terhadap kemampuan representasi matematika dan self confidence. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Krui, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dengan taraf signifikan 0,05 dan diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick terhadap kemampuan representasi matematika, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick terhadap self confidence, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching dengan strategi heuristik krulik rudnick terhadap kemampuan representasi matematika dan self confidence. Kata Kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Strategi Heuristik Krulik Rudnick, Kemampuan Representasi Matematika, Self Confidence