ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DIKELAS IV MI ISMARIA AL-QURANNIYAH BANDAR LAMPUNG

Main Author: Intan, Novisca Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14956/1/SKRIPSI%201-2.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14956/2/SKRIPSI%20Intan%20Novisca%20Putri%20.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14956/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Analisis model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA dikelas IV MI Ismaria Al- Quranniyah Bandar Lampung TP 2020/2021. Melatar Belakangi dari Analisis model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA dikelas IV MI Ismaria Al- Quranniyah Bandar Lampung Penelitian ini bertujuan h untuk mendeskripsikan Bagaimana Analisis model Discovery Learning Terhadap hasil belajar IPA dikelas IV. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian deskriptuf kualitatif, untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dan dari beberapa teknik, diantaranya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber datanya yaitu pendidik yang merupakan guru mata pelajaran IPA dan peserta didik di kelas IVB MI Ismaria Al-Quranniyah Bandar Lampung. Selanjutnya data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik data reduksi (reduction data), penyajian data (display) dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan discovery learning pada pembelajaran IPA sudah berjalan dengan baik serta mengalami peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPA serta dapat meningkatkan cara berpikir kritis serta aktif dalam pembelajaran . Kata Kunci: Model discovery learning, hasil belajar IPA