PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK

Main Author: ALKAT, YANWAR
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14852/1/SKRIPSI%20ALKAT.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14852/2/PERPUS%20PUSAT.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14852/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh ALKAT YANWAR Berpikir kritis adalah kemampuan berpikir secara beralasan dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan harus dilakukan. Kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam pelajaran matematika disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya pendekatan pembelajaran dan perbedaan tipe kemandirian belajar peserta didik. Pendekatan pembelajaran saintifik adalah pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuaan berpikir kritis matematis peserta didik (2) apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik (3) apakah terdapat interaksi antara pendekatan saintifik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design, dan dilaksanakan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik acak kelas yaitu kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.H sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Sebelumnya uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Dari hasil analisis diperoleh sehingga ditolak, sehingga ditolak, dan sehingga diterima. Berdasarkan uji analisis variansi sel tak sama diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis matematis (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan saintifik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian Belajar, Pendekatan Saintifik