PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Main Author: FIRSTY, SHAFIRA KIRANA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14841/1/skripsi%20firty.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14841/2/skripsi%202.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14841/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK KELAS X SMA Oleh Firsty Shafira Kirana Penelitian ini di latar belakangi oleh Pemahaman Konsep dan Self Efficacy peserta didik di SMA Negeri 4 Metro yang masih rendah, guru belum menerapkan model pembelajaran yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) terhadap peningkatan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy peserta didik kelas X di SMA Negeri 4 Metro. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasi eksperimen dengan menggunakan dengan desain The Matching Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (Pretest dan Posttest), angket, dan Dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan Uji Multivariate (Manova) dengan memperoleh nilai sig. 0,00 maka sesuai dengan kriteria Uji Multivariate (Manova) berarti H1 diterima, artinya model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) berpengaruh terhadap Pemahaman Konsep dan Self Efficacy. Sedangkan untuk uji Between Subjects Effects memperoleh data Pemahaman Konsep dengan nilai sig. 0.0000 dan data Self Efficacy menunjukkan bahwa nilai sig. 0.0000 maka sesuai dengan H1 diterima, artinya model pembelajaran CPS (Creative Problem Solving) dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Self Efficacy peserta didik pada materi Biologi kelas X di SMA Negeri 4 Metro. Kata Kunci: Model Pembelajaran CPS (Creative Problem Solving), Pemahaman Konsep, Self Efficacy, Biologi