PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) BERBANTUAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Main Author: | FILIAN, YUNITA SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14835/1/SKRIPSI%20%201-2.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14835/2/SKRIPSI%20%20FILIAN%20YUNITA%20SARI.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14835/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Pemahaman konsep dalam ilmu matematika merupakan dasar dalam belajar matematika secara lebih bermakna. Pemahaman konsep yang baik menjadi dasar untuk pengembangan materi berikutnya. Berdasarkan hasil pra survei yang dilakukan di Kelas VIII SMP TMI Roudatul Qur‟an Metro diperoleh presentase sebesar 17% untuk siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan 83% siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Rendahnya pemahaman konsep matematis siswa disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru berkesan monoton dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Handout dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran CUPs berbantuan media Handout terhadap pemahaman konsep matematis, (2) pengaruh gaya kognitif terhadap pemahaman kosep matematis, (3) adakah interaksi antara model pembelajaran CUPs berbantuan media handout dan gaya kognitif terhadap pemhaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen design menggunakan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP TMI Raudatul Qur‟an Metro. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpilan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis berupa soal uraian dan tes gaya kognitif (GEFT). Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Variansi (ANAVA) dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CUPs berbantuan media handout terhadap pemahaman konsep matematis, (2) terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CUPs berbantuan media handout dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : CUPs, Gaya Kognitif, Handout, Pemahaman Konsep Matematis