PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

Main Author: Dea, Hasanah
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14681/1/skripsi%20full.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14681/2/bab%20I-II-Dapus.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14681/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk kemampuan melakukan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena/kejadian, dan yang membantu seseorang untuk mengenal kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Self efficacy merupakan keyakinan diri peserta didik terhadap kemampuan belajar matematika sehingga mampu menyelesaikan tugas untuk mencapai hasil tertentu. Berdasarkan hasil nilai ulangan harian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis dan self efficacy peserta didik di SMP Negeri 1 Liwa masih rendah, terlihat dalam proses peserta didik menyelesaikan masalah, hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic terhadap kemampuan literasi matematis dan self efficacy peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Liwa, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran LAPS-Heuristic dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Menurut hasil analisis, terdapat pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap kemampuan kemampuan literasi matematis dan self efficacy peserta didik. Karena adanya model LAPS-Heuristic ini bisa menjadikan suasana belajar jadi lebih aktif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap kemampuan kemampuan literasi matematis dan self efficacy peserta didik. Kata kunci: Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic, literasi matematis dan self efficacy