PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI TINJAU DARI ADVERSITY QUONTIENT PESERTA DIDIK

Main Author: ERNI, WIDIASTUTI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.radenintan.ac.id/14589/1/SKRIPSI%20ERNI%20WIDIASTUTI.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14589/2/BAB%201%202%20DAPUS.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/14589/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI TINJAU DARI ADVERSITY QUONTIENT PESERTA DIDIK Oleh Erni Widiastuti NPM: 1611050336 Pemanfaatan berbagai model pembelajaran di SMP Negeri 03 Gunung Agung belum terlalu optimal, pendidik masih menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajarkan berbagai materi pembelajaran dan guru lebih aktif pada saat pembelajaran dibandingkan siswa. hal inilah yang menyebabkan rendahnya nilai pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap representasi matematis ditinjau dari AQ peserta didik; (2) mengetahui pengaruh Adversity Quotient terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik.; dan (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran ARCS dan Adversity Quotient (AQ) terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimental design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Gunung Agung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis dan angket Adversity Quotient. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh bahwa Fa> Ftabel, Fb> Ftabel, Fab< Ftabel. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. (2) terdapat pengaruh Adversity Quotient terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. (3) tidak terdapat interaksi antara model Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction (ARCS) dengan Adversity Quotient peserta didik terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction (ARCS), Adversity Quotient Dan Kemampuan Representasi Matematis