PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI MAN 2 LAMPUNG UTARA
Main Author: | RISKA, WULANDARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.radenintan.ac.id/14578/1/File%20Skripsi%20Riska.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14578/2/File%20Skripsi%20Riska.pdf http://repository.radenintan.ac.id/14578/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Oleh: Riska Wulandari Penelitian dan penggembangan modul dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul Biologi berbasis guided inquiry laboratory pada materi sistem pernapasan kelas XI di MAN 2 Lampung Utara, (2) respon peserta didik terhadap modul Biologi berbasis guided inquiry laboratory pada materi sistem pernapasan kelas XI di MAN 2 Lampung Utara. Penelitian dan pengemabang ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode pengembangan R&D (Reserch and Development), penelitian pengembangan ini merupakan langkah dalam mengembangkan produk baru atau mengemabangkan produk yang sudah ada. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Presentase kelayakan modul pada tahap pengembangan, pada tahap awal validasi para ahli materi memperoleh presentase 65% dengan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi para ahli materi memperoleh presentase 96% dengan kategori sangat layak, pada tahap awal validasi ahli media memperoleh presentase 76,5% dengan kategori layak, sengakan pada tahap akhir validasi ahli media memperoleh presentase 85,8% dengan kategori sangat layak dan pada tahap awal validasi ahli bahasa memperoleh presentase 71,7% dengan kategori layak, sedangkan tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 95% dengan kategori sangat layak. Pada uji Coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas presentase yang di peroleh 88,2% dengan kategori sangat menarik, pada uji coba skala luas presentase yang di peroleh 86,7% dengan kategori sangat menarik, kemudian pada respon pendidik presentase yang diperoleh 89,2% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Modul, Guided Inquiry Laboratory, ADDIE